Mata Elang I

By Hey Sephia

Pelajaran kosong. Tanyakan pada pelajar SMA manapun, kata-kata ini nilainya tinggi sekali, jauh lebih tinggi daripada batal ulangan sekalipun. Mungkin kata-kata yang bisa menandingi nilai pelajaran kosong hanyalah dua jam pelajaran kosong. Itulah sebabnya suasana kelas hari ini ramai sekali. Keramaian ini dimulai saat mereka mendengar bahwa guru biologi, Bu Tanti, tidak bisa mengajar hari ini karena sakit. Itu berarti, dua pelajaran penuh, dua kali 45 menit, mereka bebas dari pengawasan guru. Guru-guru yang lain sibuk mengajar. Bu Tanti memberikan tugas meringkas dua bab dari buku diktat. Tapi rasanya murid-murid tidak ada yang menganggap penting tugas itu sekarang. Yang penting sekarang adalah pelajaran kosong, dan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Kalian bisa diam, tidak? tiba-tiba saja Bu Mirna, yang sedang mengajar ekonomi di kelas sebelah, masuk ke dalam kelas. Murid-murid cepat-cepat kembali ke tempat duduknya masing-masing. Bertepatan dengan itu, Pak Yusril, kepala sekolah SMA Antonius mengetuk pintu kelas. Terima kasih, Bu Mirna. Saya akan jaga di kelas ini, kata Pak Yusril. Ada seorang laki-laki yang membuntutinya. Anak-anak, ini Pandu. Mulai hari ini dia akan menjadi anggota kelas 2C ini. Tolong perlakukan dia dengan baik. Pandu, ceritakan sedikit tentang dirimu sehingga teman-teman barumu bisa mengenalmu lebih baik, kata Pak Yusril. Nama saya Pandu. Pandu Prasetya. Saya pindahan dari SMA Mataram di Yogyakarta. Ayah saya polisi, baru saja selesai tugasnya di Yogya, dan dipindah ke Semarang ini. Saya anak bungsu dari 5 bersaudara, kakak saya laki-laki semua. Pasti ada yang bertanya-tanya kenapa ayah saya memberi nama Pandu padahal saya anak bungsu? Kakak-kakak saya semua bernama Pandu. Jadi kalo ada yang naksir saya, mau telepon ke rumah, carinya Pandu Prasetya. Kalo nggak nanti pada bingung Pandu yang mana. kata Pandu tanpa malu-malu dengan gaya yang ramah dan kocak.

Huh, gersah Niken yang duduk di samping jendela, Pe-de benar cowok satu ini. Lagaknya sok ganteng, batinnya.
Nik, cakep yach tu cowok, Wulan yang duduk di sebelahnya berbisik.
Cakep apanya, ah?
Bagaimana sih kamu? Perawakannya tegap, tinggi lagi. Rambutnya keren. Ketahuan lah kalau bapaknya polisi. Matanya seperti mata elang bisik Wulan, mulai berandai-andai.
Seperti mata jangkrik. sahut Niken asal-asalan.
Niken! panggil Pak Yusril.
Ya Pak! Mendengar namanya dipanggil, Niken sontak berdiri. Aduh, jangan-jangan Pak Yusril mendengar percakapanku dengan Wulan?
Kamu ketua kelas, saya ingin kamu duduk dengan Pandu. Wulan, kamu pindah di samping Arya.
Pandu, kamu duduk di samping Niken.
Baik, Pak. sahut Wulan dan Pandu hampir bersamaan.
Duh, sial! Kenapa pula si jangkrik itu musti duduk di sebelahku? Benar-benar sial. gerutu Niken dalam hati sambil duduk kembali. Kamu beruntung sekali bisa duduk di sebelah si mata elang. bisik Wulan sebelum berdiri. Kalau saja aku bisa bertukar tempat dengan kamu sekarang, aku bakal merasa sangat beruntung. Niken balas berbisik. Dia tidak menyangka Pandu sudah berdiri di sebelahnya. Tapi dia tidak berkata apa-apa, hanya menebar senyum lalu duduk.

Niken, tugas apa yang diberikan Bu Tanti? tanya Pak Yusril.
Meringkas bab 3 dan bab 4 dari buku paket, Pak. jawab Niken.
Bagus. Sekarang kalian duduk manis dan meringkas. Saya akan duduk di sini, menonton kalian meringkas. kata Pak Yusril sambil duduk di depan, di kursi guru.
Anak-anak terlihat kecewa. Hilanglah harapan mereka untuk bersenang-senang selama 2 jam pelajaran. Seandainya saja bukan Pak Yusril, sedikit-banyak mereka pasti protes. Mereka sangat menghormati Pak Yusril. Bukan karena dia galak, melainkan justru karena Pak Yusril tidak pernah marah, tapi penuh wibawa. Jadi sekarang mereka terpaksa diam dan meringkas.
Niken, aku boleh ikut lihat buku diktatnya? Aku belum punya buku itu. tanya Pandu.

Niken berpikir sejenak, lalu menjawab, Nih, pinjam saja. Aku sudah selesai meringkas. Kemarin malam aku nggak ada kerjaan, jadi aku sudah meringkas separuh. Pas anak-anak ramai tadi aku terusin meringkas yang separuhnya. Jadi kamu boleh pinjam, nih, kata Niken sambil mendorongkan buku itu ke arah Pandu. Sebetulnya Niken belum selesai, kurang satu sub-bab lagi, tapi dia malas sharing satu buku dengan Pandu. Lagipula Pandu perlu mulai dari awal, sedangkan Niken sudah hampir selesai, tinggal halaman terakhir.
Terima kasih, kata Pandu, lalu mulai menulis.

Niken mengambil buku kecil dari tasnya, menyobek secarik kertas dari situ, lalu sibuk menulis pula.
Kamu lantas menulis apa? bisik Pandu.
Niken diam saja. Malas dia menjawab cowok yang satu ini.
Niken?
Bukan urusanmu. Kamu meringkas saja, sana.
Iiih galaknya nona ketua kelas. kata Pandu, lalu meneruskan ringkasannya.
Diam-diam Pandu mencoba membaca yang Niken tulis. Cuma ingin tahu saja. Sekilas empat baris terbaca.

Penasaran Ingin tahu kelanjutan cerita Novel Mata Elang I Download Di sini

About this entry

Fallow me

 

About me | Author Contact | Powered By Blogspot | © Copyright  2009